Dapatkan 3000 ebook sudah rapih hanya dengan satu kali klik
loading...

Kumpulan Cerpen Jangan Main-Main (dengan kelaminmu) ~ Djenar Maesa Ayu

Kumpulan Cerpen Jangan Main-Main (dengan kelaminmu) ~ Djenar Maesa Ayu

Djenar Maesa Ayu - Kumpulan Cerpen Jangan Main-Main (dengan kelaminmu)
Djenar Maesa Ayu - Kumpulan Cerpen Jangan Main-Main (dengan kelaminmu)
Seberapa sering kamu atau dia bermain-main dengan kelaminmu? Jangan Main-main dengan Kelaminmu. Itulah judul kumpulan cerpen karya Djenar Maesa Ayu. Lewat sastra wangi ini Djenar ingin meresahkan pikiran dan imajinasi pembacanya. Ia total sedang bermain-main dengan kelamin lewat kata. Tapi ini bukan novel porno atau stensil, ia serius menjanjikan makna-makna yang luput dan diremehkan.

Menyusu Ayah, salah satu cerpen yang termuat dalam novel ini membuat pembaca ingin masuk lebih dalam pada karakter Nayla yang suka menyusu pada penis ayahnya. Menyusu Ayah menjadi Cerpen Terbaik versi Jurnal Perempuan pada 2002 dan diterjermahkan oleh Richard Oh dengan judul Suckling Father.

Vulgar, tabu sekaligus segar melumat tiap alur cerita yang berani menguliti dogma mapan dalam masyarakat. Tema perselingkuhan ada pada cerpen Jangan Main-main (dengan kelaminmu), Mandi Sabun Mandi, Saya di Mata Sebagian Orang, dan Staccato. Ekspose kenikmatan seks digambarkan pada Menyusu Ayah, Penthouse 2601, dan Payudara Nai-nai. Sedangkan cerpen Cermin, Saya adalah Seorang Alkoholik, Ting, dan Moral memiliki tema yang masing-masing berbeda dan unik.

Moral menjadi cerpen yang bisa dikatakan mewakili pesan kumpulan cerpen lainnya. Isinya menceritakan tentang seorang perempuan yang dilema pada pilihan antara membeli rok mini atau moral. Moral sangat murah harganya hanya seribu rupiah sedangkan rok mini berkali-kali lipat lebih mahal seharga satu juta sembilan ratus sembilan puluh delapan ribu delapan ratus rupiah. Uang yang ia punya didompet hanya dua juta rupiah. Tapi Ia pun memutuskan untuk membeli rok mini.

Saat dipakai di rumah, rok mini yang baru dibelinya kekecilan. Esoknya ia pun menukar dengan ukuran yang pas dengan tubuhnya. Tapi ia terperanjat ketika melihat harga moral sudah naik menjadi tiga ribu rupiah. Tapi perempuan itu teguh pada prinsipnya sebagai pembeli, ia tak mau rugi. Menurutnya moral bukanlah sesuatu yang penting dalam hidupnya. Ia pun total melakukan perawatan untuk bersiap hadir di pesta ketika ia akan memakai rok mini barunya dan bergaya ala rock star.

Sudah menjadi doktrin umum di masyarakat dahulu bahwa perempuan tak perlu sekolah terlalu tinggi. Begitupun doktrin kedua orangtua pada perempuan itu. Orangtuanya berpendapat yang penting untuk perempuan hanya pintar merawat diri dan suami. Cinta dimulai dari mata turun ke perut dan dari perut turun ke hati.

“Aneh, dari perut kok turun ke hati? Mungkin dari perut turun ke bawah perut tapi mereka tidak tega mengatakannya walaupun tega anaknya mempraktekkannya. Tapi kenyataannya, jangankan masak dan merawat suami. Akhirnya Cuma dapat suami orang”
dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kumpulan Cerpen Jangan Main-Main (dengan kelaminmu) ~ Djenar Maesa Ayu"

Posting Komentar